Latihan Dasar Kepemimpinan

ldkBersamaan dengan liburan sekolah hari ahad dan senin tanggal 24-25 Juni 2012, Lembaga beasiswa pendidikan dan pembinaan Yatim Dhu’afa Bina Insan Mulia ( LBPYD BIM ) mengadakan acara yang formatnya melatih, mendidik dan membina para siswa binaan untuk menjadi seseorang yang mempunyai mental/jiwa kepemimpinan.  Baik itu memimpin dirinya, keluarga atau orang lain. Tempat tujuan kami adalah kawasan wisata Curug Nangka-Bogor. Terdiri dari 35 orang, 27 orang siswa binaan dan 8 orang pengurus Lembaga.

Singkat cerita, kami kumpul pukul 07.00 di daerah Bitung untuk menunggu mini bus jurusan Grogol, dari Grogol naik mikrolet jurusan Stasiun kota Tua di Jakarta. Kami membeli karcis kereta jurusan Bogor. Dari Stasiun kota Bogor naik angkot turun di simpang tiga. Dari tempat itu kamipun naik angkot lagi jurusan Curug Nangka. Setelah tiba kami jalan kaki sepanjang 700 m ke lokasi yang dituju. Memang menguras tenaga akan tetapi semuanya senang dan tetap semangat. Dengan semangat kebersamaan dalam mengisi liburan merekapun tidak ada yang sedih atau kecewa. Tiba di lokasi pukul 11.00 kami pun segera mendirikan tenda untuk berkemah. Setelah mendirikan tenda selesai acara tidak lama kemudian di buka oleh pengurus.

Dalam pembukaan acara, kami sebagai pengurus menjelaskan kilas balik selama perjalanan. Maksud tujuan naik angkot berkali-kali, kereta agar mereka memahami, dan muncul sifat mandiri, tidak manja seperti kebiasaan mereka ketika bersama orang tuanya.

Jadwal kegiatan telah di buat dan di atur sedemikian rupa oleh panitia. Materi dan praktek di kemas cukup menarik. Para instruktur melatih dan membinanya dengan game-game yang ada kaitannya dengan tema kepemimpinan.

Game-game yang di ajarkan diantaranya:

  1. LEADERSHIP ( Kepemimpinan )

Tiap kelompok di tutup matanya ada satu yang tidak sebagai pemimpin yang mengarahkan anggotanya secara benar. Sekali saja member instruksi salah maka akan menyebabkan cedera atau celaka. Intinya setiap kita harus siap memimpin dan di pimpin.

  1. TEAM WORK ( Kerjasama tim )

Kerja team yang solid, kompak akan membuat setiap masalah baik dalam kerja atau organisasi akan teratasi dan mencegah resiko yang berat.

  1. Spirit Of Competition ( Semangat Berkompetisi)

Hidup adalah perjuangan dan selalu bersaing. Disini mereka di latih dan di ajarkan bahwa jadilah kita pemenang, juara atau sukses dalam berbagai hal.

  1. KEBERANIAN MENGHADAPI RESIKO

Dalam games ini mereka di ajarkan bahwa dalam hal apapun ada untung ruginya, dan pasti ada resikonya. Seorang pemimpin harus berani mengambil  keputusan dan siap menghadapi resiko apapun yang terjadi.

  1. KEMAMPUAN MEWUJUDKAN GAGASAN/IDE

Terkadang banyak orang yang mempunyai gagasan namun tidak sedikit pula yang kurang berani mewujudkannya. Disini peserta di latih, buat sebanyak mungkin ide-ide/gagasan dan mewujudkan sesuai kemampuan dan usaha semaksimal mungkin. Karena keberhasilan berawal dari mempunyai ide, impian, dan bertindak atau bergerak, bekerja untuk mewujudkan harapan menuju kesuksesan.

Inilah oleh-oleh liburan bagi peserta ldk siswa/i binaan Lembaga Bina Insan Mulia. Merekapun pulang penuh dengan harapan menjadi seorang pemimpin ataupun sang juara dalam sebuah perjuangan hidup. Akhirnya kami segera berkemas-kemas setelah acara selesai untuk pulang menuju Tangerang City.

Comments

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>